Thursday, August 13, 2015

Cinta Seni Budaya

Assalamu'alaikum dan syelamat malam...

Guys apa yang terbesit di fikiran kalian jika mendengar kata SENI dan BUDAYA? Saya bukan seorang seniman, bukan pula seorangan budayawan, namun sama seperti masyarakat pada umumnya, saya mengenal seni dan budaya dari pelajaran terdahulu, semenjak kecil saya sudah diperkenalkan seni di sekolah TK dulu, baik itu seni lukis, seni tari, seni suara, dan kebudayaan Indonesia yang luas cakupannya. Namun, apakah setiap anak pasti menekuni bidang kesenian sampai ia dewasa? Mungkin tidak semua, hanya beberapa dari mereka yang konsisten dengan pilihannya pada seni. 

@sanggarkinanti
Postingan yang kali ini saya usung adalah mengenai seni gerak tubuh karena saya ingin lebih dekat lagi mengenal tentang apa itu seni, terutama seni tari. Saya sudah senang dengan kesenian yang satu ini sejak tampil pentas di acara-acara sekolah dasar dahulu, bisa saja saya setelah lulus sekolah dasar melanjutkan masuk ke sanggar untuk belajar seni tari lebih jauh lagi, namun yaaah hal yang tidak direstui orang tua itu terlanjur memaksa hati dan langkah ini terhenti mengurungkan niat. Masuk di sekolah menengah pertama, saya malah lebih mengenal jauh di bidang seni gambar atau lukis. Menggambar ternyata mampu membuat saya lupa akan keinginan menari, dan ternyata saya juga menjadi jatuh hati terhadap seni menarikan jemari kecil saya ke sebuah kertas kosong menjadi penuh warna, sampai saya ditunjuk untuk mewakili sekolah dalam perlombaan seni gambar kaligrafi, sewaktu itu masih  menggunakan crayon, saya memang belum pernah menggunakan kuas, kanvas dan cat dalam melukis, namun saya berhasil membuat sekolah bangga akan keberhasilan saya mendapat juara II se-DIY , perlombaan ini setiap tahunnya digelar dan selama dua kali saya menjuarai peringkat II. Itu sudah membuat saya senang karena bisa menjadi perwakilan sekolah mengengah saat itu. Berbeda cerita lagi setelah saya naik ke jenjang sekolah kejuruan, saya dihadapkan oleh pilihan jurusan akuntansi, administrasi perkantoran dan teknik informatika. Baiklah saya pilih yang administrasi perkantoran, setidaknya gak terlalu banyak hitung-menghitung karena jujur saya tidak terlalu bersahabat dengan angka. Disitu tidak ada salah satu kesenian yang dulu sempat saya tekuni, OMG hampa sekali hidup saya pada masa itu. Sempat terbesit dibenak saya untuk mengambil ekstra kulikuler di luar sekolah, tapi gak dapat ijin lagi lagi dan lagi. Yauwis mak anakmu jalani apa yang ada sekarang. *nangis nang pojokan*

Udah bertahun-tahun berlalu dan lulus, saatnya memilih tempat kuliah yang sesuai dengan minat saya, pilihan pertama itu ISI, yes ISI... *lalala* eh tapiiii baru bilang "Ma, adek kuliah di seni lukis ya." (sambil elus2 tangan simbok) tapi yang didapat ZONK.... *lemes seketika* aahhh ini apa-apaan selalu gak boleh. Tapi pie meneh enggak bisa ngelawan, kuliah di tempat orang berdasi deh akhirnya mau tak mau. Isinya coding-coding ngono kui cah, wes ayo dipelajari sing tenanan *tapi awale tok sing mudeng, sak teruse bablas* Tapi alhamdulillah lulus yoo..
Nah, kita ceritakan yang sekarang saja, sekarang saya yang udah tak punya mami papi (gaya sitik oleh yo) ini pengen punya kegiatan rutin selain ngurusin dagangan online dan ngeblog, daaaan jatuhlah pada pilihan nari. Tanpa harus susah-susah nyari sanggar tari saya langsung dapat info dari miminnya @JogjaUpdate yang ngeretweet postingannya @sanggarkinanti uyeeee langsung kepoin TKP, syarat-syarat dan yang penting siapa tentornya. Uwe e e e e... tentornya udah joget kemana-mana lho ini, wuih soyo tambah semangat, apalagi deket rumah, asyiik asyiik *joget-joget*

Nah penasaran sama tentornya? Ini lho tak kenalin si mba sing ayune weleh-weleh ini namanya Sekar Kinanti Rahina anak semata wayang dari Bapak Pantomime kita sing asmanipun Bapak Jemek Supardi. Saya tidak begitu mengenal beliau, tapi dari sini, dari berguru dengan mba Sekar pasti lama-lama juga mengenal beliau, hehee colek mba +kinanti sekar ^^
So sekarang dialah guru tari saya ^_^ kelas yang saya ambil adalah kelas klasik nusantara, ini kelas tarian yang baru dikenalkan secara medley beberapa gerakan dari beberapa tarian daerah nusantara. Yang mau ikutan gabung bisa lho contact me atau langsung ke sanggarnya itu diatas udah ada link twitternya. Selain kelas tari klasik nusantara ada juga kelas tari klasik jawa, kelas tari kreasi, kelas nembang dan kelas wayang. Untuk kamu yang udah dapet ijin ortu untuk menggapai keinginan dalam seni tari ini monggo silahkan gak pake lama, sanggar kinanti ini baru meniti karirnya dan itu artinya saya berada di kelas angkatan pertama dan semoga lanjut sampai seterusnya, aamiin.

Yaudah ini tulisan cukup sekian aja yah, mau selonjoran dulu ngerebahin badan karena tadi habis latihan, dan ini ada oleh-oleh sedikit untuk kalian, Tarian klasik jawa yang saya record sembari nunggu kelas tari klasik nusantara sesudahnya.

Happy Watching ^^ 

Wassalam...

No comments:

Post a Comment