GUGUR GUNUNG - HUT 259 JOGJA

Assalamu'alaikum sedulur.

Photo By User
Dalam rangka memperingati HUT Jogja yang ke 259 Tahun, Kota yang Istimewa ini bakalan ada acara seru-seruan di bulan Oktober 2015. Mulai dari tanggal 4 Oktober 2015 kemarin sudah berlangsung agenda Pawai Pasar, start dari Pasar Bringharjo dan finish di Pasar Ngasem. Acara yang lebih dikenal dengan nama Grebeg Pasar ini diikuti oleh 2.100 orang dan 45 Paguyuban dari berbagai pasar tradisional. Menurut agenda acara dimulai dari pukul 13.00 wib namun menurut salah seorang Ibu yang sempat saya tanyakan bagaimana keadaan yang terjadi pada siang itu acara dimulai pukul 14.30 wib. Walau acara mundur tapi para Ibu-ibu dan warga lain tidak turun semangat untuk memeriahkan Grebeg Pasar yang menjadi awal rangkaian acara HUT 259 Jogja. Acara ini diadakan oleh Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta yang dalam kirab tersebut setiap paguyuban pasar akan menampilkan ciri khas masing-masing. 

Baiklah, itu sekilas info terkait dengan rangkaian acara kirab pasar dalam rangka HUT 259 Jogja. Disini aku bakal mengulas tentang tarian flashmob yang beberapa hari lalu dari Sanggar Kinanti Sekar sudah semangat latihan dengan ibu-ibu perwakilan pasar. Flashmob ini salah satu agenda tari yang ada dalam HUT 259 Jogja. Sesuai dengan tema yang berhubungan dengan kirab atau grebeg pasar, maka pelatih tari Sanggar yakni Mba Sekar memberikan persembahan tari Gugur Gunung. Latihan yang hanya dimulai dari tanggal 1 Oktober 2015 hingga tanggal 3 Oktober 2015 ini sungguh kerja keras yang luar biasa baik untuk Mba Sekar pribadi, siswa sanggar dan Ibu-ibu perwakilan pasar yang sangat antusias untuk meramaikan HUT 259 Jogja. 


Sore hari yang telah disepakati bersama berkumpul pukul 15.00 wib ternyata acara kirab pasar belum selesai, maka para penari masih bisa berkesempatan untuk GR sebentar dan membenahi make up yang mungkin dari beberapa sudah mulai luntur akan keringat. Kostum yang digunakan juga apik, kebaya dan jarik yang menggambarkan kesederhanaan orang Jogja dan saling bertegur sapa (ini salah satu koreo yang ada dalam tarian). Setelah adzan Ashar berlalu dan beberapa menit kemudian barulah sanggar dan ibu-ibu pasar tampil diatas panggung utama Plaza Ngasem Yogyakarta. Berikut foto-foto yang saya dapat dari beberapa pemotret.
Photo By @BerandaJogja
Photo By @BerandaJogja

Photo by @jelajahpasar
Nah, untuk rangkaian acara HUT 259 Jogja akan berlangsung hingga tanggal 7 Oktober 2015 sedulur, berikut rangkaian acara yang berhasil saya dapat dari @infosenijogja 
Screen Shoot Rangkaian Acara HUT 259 Jogja



Previous
Next Post »

About me

My photo

Pasti sudah tau dengan nama saya,, itu jelas bingit nangkring di profil... 
suka jalan2 men (gaya jebraw) , hunting foto plus edit2nya, suka petualang (tapi...begitulah) hobi touch2 muka alias freelance Make Up dan cuap2 alias freelance MC (tapi gak tau deh sekarang) ... yang pasti enjoy aja ma saya yes...