Borneo Aku Padamu !


     Ini cerita tentang keinginan seorang perempuan ya.. itu Aku yang menyukai dunia petualang, dunia jalan-jalan menjelajah alam dan lebih enak disebut "mbolang". Walau memang belum pernah mbolang sampai ke pulau-pulau jauh tapi di dalam area DIY masih banyak tempat-tempat wisata yang gak kalah seru dengan kota lain, tapi tetep aja punya keinginan untuk bisa pergi ke destinasi alam yang mungkin orang lain dengan mudah mencapainya kesana. Setelah khatam baca novel traveler sejati keliling dunia aku semakin excited saja jadinya untuk ikut serta dalam Borneo Wild Adventure. Wah ini udah lama bersliweran di timeline aku tapi baru ini hati tergerak untuk ikut dalam lomba blog asik (kata aku), apalagi naik New Daihatsu Terios waah semakin ingin cepet-cepet mewujudkan untuk berpetualang seru-seruan jelajah Borneo. 
Like FB Daihatsu Indonesia

      Siapa sih yang gak tahu Borneo?? Pulau ketiga terbesar di dunia, yang dulunya masih dipenuhi dengan hutan hujan lebat dengan daerah pesisir rawa-rawa (jadi inget pelajaran IPA waktu SD dulu, hehehe). Skip deh, lanjut ke impian yaa ini bisa di bilang impian untuk berpetualang ke alam liar, bayanginnya aja waaah seneng...apalagi kalau kesana beneran (Alhamdulillah aamiin). Borneo Wild Adventure ini bakal diawali menjelajah Kota Palangkaraya yang merupakan Ibu Kota Kalimantan Tengah yang luasnya paling besar di Indonesia yaitu 2.400 km2. Bakal ngapain sih disana? Banyak...Disana ada tempat pelepasan dan adaptasi dengan alam liar bagi Orangutan, ya bisa disebut tempat rehabilitasi dan reintroduksi. Nama tempat ini adalah Nyaru Menteng, kebanyakan Orangutan yang berpenghuni disana adalah bayi Orangutan yang kehilangan induknya karena dibunuh atau hal lainnya. Orangutan yang pernah ditangkap manusiapun juga dirawat dan dilatih disana sebelum nantinya mereka dilepas kembali ke alam liar. 
Follow @DaihatsuInd

     Nah selain itu gak kalah menariknya lho budaya di Kalimantan ini, ada yang namanya Tiwah, ini salah satu upacara keagamaan umat Hindu yang semacam ritual menghantarkan roh leluhur atau keluarga yang meninggal. Ada juga festival budaya Isen Mulang (bukan iseng ya..hehe) ini festival seni budaya tahunan yang dilaksanakan sebagai wujud apresiasi pemerintah dan masyarakat Palangkaraya atas peninggalan adat istiadat leluhur yang konon diadakan setiap bulan April di tiap tahunnya. Ada yang suka dengan tari-tarian? Di Palangkaraya ada Tari Nasai, tarian ini untuk menyambut kedatangan tamu. Wah senang ya kalau kita bisa berkunjung kesana dan disambut dengan tarian. Selain itu ada juga Tari Giring-riring, Tari Dedeo, Tari Balian, Tari Bukas dan masih banyak lagi tarian tradisional dari kota ini. 

        Setelah puas berjalan-jalan di bagian tengah, geser dikitlah ke bagian selatan, ya lanjut Banjarmasin yang terkenal dengan pasar terapungnya. Selain terkenal dengan julukan Seribu Sungai, Banjarmasin adalah destinasi wisata yang mengesankan dan kuliner yang sudah sering orang dengar adalah Soto Banjar tapi bukan hanya itu ada yang namanya Lontong Orari, sama saja sih dengan kebanyakan lontong opor yang sering kita makan tapi bedanya lontong ini berbentuk segitiga yang di siram dengan kuah nangka serta diberi lauk haruan masak habang, ini maksudnya dimasak merah, lauknya ada ikan gabus yang dimasak merah, ayam masak habang atau telur masak habang, tergantung selera masing-masing pilih lauknya.
Lik FB VIVAlog

        Ah dari namanya ini Pulau Kaget, apa kalian bisa membanyangkan seperti apa pulau ini? Apa bakal kaget ya? Ini ternyata sebuah delta yang terletak di tengah-tengah sungai Barito termasuk dalam wilayah Tabunganen, Kalimantan Selatan. Dulu inget punya temen sekampus yang asli orang Banjar dia dengan bangganya cerita tentang daerah asalnya, aku sempet berfikir ingin ikut kesana kalau libur perkuliahan tapi ya itu masih menjadi angan-angan belaka, hehe. Di Pulau Kaget ini merupakan habitat bagi para kera hidung panjang dan beberapa jenis burung. Ini berada di dalam kawasan hutan, bisa kalian banyangkan film Anaconda? Ya, kurang lebih seperti itulah. Ada juga nih Kota Kandangan sebuah kota kecil yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Disana banyak penduduk asli suku Banjar dan suku Dayak Meratus. Mereka hidup damai berdampingan dan berbagai sarana ibadah tampak berdiri kokoh yang menandakan betapa rukun hidup di pedalaman Kalimantan ini.
Follow @VIVA_log

     Hidup damai berdampingan antar suku di pedalaman itu menyenangkan, seharusnya kita yang hidup di kota sudah semestinya bisa lebih saling damai dan tolong menolong kan?? Beralih ke Amuntai yaitu Ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Utara. Amuntai kalau tidak salah sering masuk di acara tv tentang jalan-jalan karena wilayahnya yang unik dan mempunyai banyak hal unik seperti itik alabio, kerbau rawa, dan burung balibis serta terdapat situs sejarah berupa Candi Agung sebagai peninggalan Kerajaan Dipa yang bernuansa Hindu-Budha. Daerah Amuntai ini terletak di tengah-tengah Kalimantan bagian tenggara, jika menuju ke Kalimantan Timur tidak terlalu jauh kita akan menemukan tapal batas Kalimantan Timur dan kita bisa menuju ke daerah Penajam Pasir dan Kota Balikpapan.
     Kota Balikpapan terletak di pesisir tenggara Kalimantan Timur, meski dijuluki kota Minyak wisata di Kota Balikpapan ini tidak kalah menariknya lho. Ada Pantai Kemala, Hutan Bakau Margomulyo, Pantai Lamaru, Penangkaran buaya Teritip dan masih banyak lagi tempat wisata di kota ini. Meski demikian Kota Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal. Suku asli Balikpapan adalah suku Balik yang merupakan suku minoritas, bahasa daerah yang sering digunakan adalah Bahasa Paser, Kutai, Banjar, Bugis dan Jawa. Begitu banyak bahasa yang ada di setiap daerahnya masing-masing ya. Supeeer sekalii Indonesiaku.

     Dari Balikpapan lanjut ke Samarinda dengan mengunjungi wisata selanjutnya di kota ini yang terkenal ialah  Budaya Desa Pampang ,disini kita bisa belajar tentang budaya setempat ataupun budaya lain. Desa ini dihuni oleh penduduk suku Dayak Kenyah, setiap akhir pekan tempat wisata ini ramai dikunjungi para wisatawan luar kota ataupun luar negeri. Sedangkan wisata di Tanjung Kutai yang terkenal ialah dengan kayu ulinnya, kayu ini disebut juga kayu bulian atau kayu besi. Kayu ulin dimanfaatkan sebagai bahan bangunan seperti konstruksi rumah, jembatan, tiang listrik dan perkapalan. Ulin termasuk jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai 50 meter dengan diameter sampai 120 centimeter. Kayu Ulin ini tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban dan pengaruh air laut sehingga sifat kayunya sangat berat dan keras.

   
     Dan untuk mengakhiri perjalanan Borneo Wild Adventure ini bakal mengunjungi destinasi wisata yang sangat cantik, ciamik, beeeuh gila abiiis dan saat mata memandang keindahannya maka mulut akan sontak berteriak Subhanallah begitu indah ciptaan Allah SWT yang tidak cukup dideskripsikan dengan kata-kata. Ah...tak lain dan tak bukan adalah Pulau Maratua, eits bukan mertua lho ya..haha.
Keindahan karya Tuhan di Derawan, OMG .. Ini merupakan surganya para traveler dan petualang alam dan juga pecinta bawah laut. Banyak obyek wisata bahari yang menawan di Derawan, salah satunya Pulau Maratua. Ini gak bakalan habis dijabarkan kalau kalian gak datang langsung ke Pulau ini. Ya Allah beri hambaMu ini kesempatan untuk bisa mengunjungi pulau indah ciptaanMu (aamiin).

   
     Impian yang sudah kugoreskan dari atas sampai akhir goresan ini lebih seru lagi ditemani oleh New Daihatsu Terios. Yaaa bolehlah test drive keliling Borneo bersama si mobil kece dan macho ini. Mobil Terios yang tampil dengan beberapa variant diantaranya Terios X, Terios X-Extra yang memiliki semua yang ada di Terios X dengan ditambah beberapa exterior, interior dan safety yang tidak dimiliki variant Terios X, kemudian ada Terios R yang memiliki semua kelengkapan di Terios X dan Terios R-Adventure yang memiliki semua kelengkapan dari Terios R dengan ditambah lagi exterior, safety and security yang tidak dimiliki si Terios R. Si kece dan macho Terios ini memiliki 5 warna yakni Classic Silver Metalic, Rock Grey Metalic, Scarlet Red Metalic, Icy White, dan Midnight Black Metalic. Ah ini udah paket komplit deh pokoknya, body yang semakin sporty, stylish, trendy, modern dan beeeuh berani banget ini di test drive adventure jelajah Borneo kalau bisa sekalian aja se-Indonesia aaaaaaak no, fantastis...

     Pendapatku tentang Borneo Wild Adventure ini so keren, so fantastik, so menggiurkan, dan so pengen banget jelajah 7 destinasi di Kalimantan bersama para travelling kece, fotografer handal apalagi jajal pakai mobil macho New Daihatsu Terios. icik icik ehem..

     Udah ah gak usah banyak cingcong lagi, buruan deh ya ikut berpetualang keliling Borneo bersama si kece dan macho New Daihatsu Terios ini. Borneo Wild Adventure, Borneo Aku Padamu !

*Sedikit tambahan nih, untuk tempat-tempat yang tidak atau belum disebutkan ya mohon maaf banget temans ^_^

*Dukungan dan do'a kalian sungguh berarti ^_^ ahay



Previous
Next Post »

About me

My photo

Pasti sudah tau dengan nama saya,, itu jelas bingit nangkring di profil... 
suka jalan2 men (gaya jebraw) , hunting foto plus edit2nya, suka petualang (tapi...begitulah) hobi touch2 muka alias freelance Make Up dan cuap2 alias freelance MC (tapi gak tau deh sekarang) ... yang pasti enjoy aja ma saya yes...